Oleh: Kang Oos Supyadin, Garsel
Menurut catatannya bahwa sepanjang tahun 1889 – 1891, Snouck Hurgronje (w. 1936) melakukan rihlah keilmuan mengelilingi pesantren-pesantren tua yang ada di wilayah Sunda (Jawa Barat dan Banten) serta Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam perjalanan tersebut Snouck ditemani oleh Haji Hasan Mustapa (w. 1930), sahabat karibnya yang pernah berjumpa saat keduanya berada di kota suci Mekkah, pada tahun 1885.
Dalam catatan selama perjalanannya Snouck mencatat ratusan nama ulama di Sunda-Jawa-Madura, serta jaringan keilmuan dan genalogi intelektual yang saling menghubungkan antar mereka dengan ulama-ulama Melayu-Nusantara lainnya, serta dengan ulama-ulama di Mekkah.
Saat mencatat nama-nama ulama di wilayah Tatar Sunda, Snouck banyak menyebut nama sesosok ulama yang tampaknya menjadi poros utama jaringan keilmuan atau dalam istilah lainnya sebagai episentrum intelektual islam dan mahaguru para ulama Sunda di awal abad ke-19 M (1800 – 1850). Sosok tersebut bernama Kyai Mulabaruk yang bermukin di Sukawening Kabupaten Garut.
Menurut Snouck, bahwa sosok “Kijahi Moelabaroek” alias Kyai Mulabaruk alias Kyai Rd Muhammad Ali alias Bagus Arsaen pada masa hidupnya memiliki ratusan murid yang berasal dari berbagai pelosok wilayah Tatar Sunda, utamanya Priangan. Pesantren yang menjadi basis tempatnya bermukim dan mengajar terletak di Mulabaruk, salah satu kampung yang termasuk pada wilayah administrasi distrik Sukawening, afdeling (kabupaten) Garut.
Di pesantrennya, “Kijahi Moelabaroek” mengajar beberapa kitab “tingkat tinggi”, seperti kitab tasawuf “al-Insân al-Kâmil” karya al-Jîlî (w. 1424 M), kitab tafsir “Anwâr al-Tanzîl” karya al-Baidhâwî (w. 1286 M), kitab fikih “Minhâj al-Thâlibîn”, “Raudhah al-Thâlibîn” dan “al-Majmû’ syarh al-Muhadzab” yang mana kesemuanya adalah karya al-Nawawî (w. 1277 M).
Selain itu, terdapat kitab-kitab lain dalam bidang ilmu tata Bahasa Arab (nahwu dan sharaf) yang diajarkan di Pesantren Mulabaruk sebagaimana disinggung oleh Snouck, yaitu kitab “shorof”, “awamil”, “al-ajurumiyyah” dan juga “Alfiyyah ibn Mâlik”.
Snouck juga menyebut sejumlah nama ulama besar dan berpengaruh di wilayah Priangan yang menjadi anak murid dari “Kijahi Moelabaroek” ini. Dalam catatannya, Snouck mengungkapkan jika “Kijahi Moelabaroek” mampu menempatkan para muridnya menjadi kelompok ulama yang memiliki pengaruh besar di Priangan, setelah terlebih dahulu “Sang Kijahi” merekomendasikan murid-muridnya itu untuk melanjutkan masa studi mereka ke Jawa, Madura, lalu ke Makkah.
Di antara murid Kiyai Mulabaruk yang tercatat dalam list Snouck adalah:
(1) Kiyai Muhammad Razi Sukamanah [Mohammad Razi Soekamana, Soetji] yang pakar ilmu nahwu;
(2) Raden Haji Yahya [Raden Hadji Jahja] yang menjabat penghulu kepala di Garut;
(3) Kiyai Muhammad Arif Sumedang [w. 1888] yang pakar ilmu fikih;
(4) Kiyai Muhammad Shohih Bunikasih Cianjur [w. 1885];
(5) Kiyai Bunter [Kijahi Boenter] dari Tanjungsari Sumedang yang pakar ilmu tata bahasa Arab dan wafat di Makkah;
(6) Kiyai Hasan Basori [Hasan Bacri] Kiarakoneng Garut [w. 1865] yang pakar ilmu qira’at; dan
(7) Kiyai Cipari dari Wanaraja [Kijahi Tjipari] yang merupakan sahabat dari Kiyai Hasan Basori Kiarakoneng.
Di antara ulama-ulama Sunda lainnya yang terhubung jaringan keilmuannya dengan sosok ulama besar “Kijahi Moelabaroek” ini adalah Kiyai Muhammad Hasan dan Kiyai Abdul Mu’in (keduanya berasal dari Kadu Gede), Kiyai Muhammad Shiddiq (dari Cipancur), Kiyai Abdul Ghani (dari Cikohkol), juga Kiyai Haji Mu’allim (tidak disebutkan asal tempatnya).
Di antara nama-nama murid “Kijahi Moelabaroek” yang telah disebutkan di atas, terdapat dua nama yang tampaknya penting untuk diulas lebih jauh, yaitu Kiyai Hasan Basori Kiarakoneng Garut (w. 1865) dan Kiyai Shoheh Bunikasih Cianjur (w. 1885).
Kiyai Hasan Basori Kiarakoneng merupakan ayah dari Syaikh Muhammad Garut atau yang dikenal dengan nama Mama Jabal Makkah. Sosok Syaikh Muhammad Garut disinggung oleh Snouck sebagai sosok ulama besar Sunda yang mengajar di Makkah pada paruh kedua abad ke-19 M, seorang mursyid Tarekat Qadiriah Naqsyabandiah (TQN) yang merupakan murid dari Syaikh Ahmad Khatib Sambas Makkah (w. 1876). Syaikh Muhammad Garut menurunkan sejumlah anak yang pakar dalam bidang ilmu qira’at al-Qur’an, di anatarnya adalah Kiyai Abdullah Salim di pesantren Cibunut, Suci (wafat di Garut) dan Syaikh Muhammad Siraj (wafat di Makkah).
Kiyai Hasan Basori Kiarakoneng juga merupakan guru dari Kiyai Adzro’i Bojong (Garut), ayah dari Kiyai Umar Basri (pendiri Pesantren Fauzan Garut). Kiyai Adzro’i Bojong juga berbesan dengan Syaikh Muhammad Garut (putra dari Kiyai Hasan Basori Kiarakoneng).
Nasab Silsilah
Kyai Mulabaruk alias Kyai Rd Muhammad Ali alias Bagus Arsaen putra Rd Mangunjasa II putra Rd Mangunjasa I putra Rd Wira Manggala II putra Embah Dalem Wira Manggala I putra Sang Adipati Sepuh (wilayah Cinta Sukawening) putra Prabu Wastu Dewa (Adipati Sudalarang, Sukawening) putra Prabu Layakusumah, Raja Pakuan Kertarahayu Cibadak Sukabumi putra Prabu Siliwangi dari istri Ratu Anten Cicurug Sukabumi.
Putra Sang Adipati Sepuh antara lain:
1. Santowaan Angana di Gn Malela
2. Santowaan Patinggi di Caringin
3. Rd. Bangsa Bambang di Soreang Bandung
4. Santowaan Maradja di Cikulahan
5. Nyimas Kuningan, menikah dengan Rd Dalem Najawangsa Cipicung
6. Santowaan Kandang Asih di Cukang Cinta Sukawening
7. Ujang Sarana di Leles
8. Embah Dalem Wira Manggala I wafat di peperangan Dipati Ukur di Gn Lumbung.
Putra Prabu Wastu Dewa antara lain:
1. Sang Adipati Sepuh di Cinta Sukawening
2. Sang Adipati Anom di Parakan Biru
3. Santowaan, Raja di Nageleng
4. Dalem Wira jasa di Kuja
5. Wiradijasa di Depok.
Wallahu alam